Dalam
second order signification ikon butiran
es
memaknai rasa dingin dan segar. Makna dingin dan segar diambil dari sifat es
yang dingin dan
membuat
badan terasa segar. Ikon tangan menandai suatu kedekatan dan keakraban yang
begitu
mendalam.
Makna kedekatan dan keakraban diambil dari gambar tangan yang menempel yang
melambangkan
suatu persahabatan yang erat. Ikon meja kayu kecil menandakan suatu kemudahan
untuk
memperolehnya. Pemaknaan suatu kemudahan untuk diperoleh dan dibawa kemana-mana
terhadap
ikon meja ini diambil dari karakter meja yang kecil dan mudah untuk dibawa
kemana-mana. Sifat meja kecil yang mudah dibawa ke mana-mana tersebut kemudian
dijadikan sebagai
ikon
bahwa produk yang diiklankan ringkas, mudah dicari dan dibawa kemana-mana.
Ikon
ekspresi wajah yang sedang tertawa menandakan suatu keceriaan. Pemaknaan
keceriaan
diambil dari suatu kebiasan masyarakat atau suatu kelompok yang akan tertawa
ketika
mereka
sedang bahagia dan ceria. Ikon lain yang ada dalam iklan Coca cola adalah anak
muda.
Ikon
anak muda ini memaknai suatu ketrendian, serta suatu hal yang tidak ketinggalan
jaman.
Anak
muda dijadikan sebagai simbol tidak ketinggalan jaman karena kelompok anak
muida
ataupun
kaum remaja merupakan kelokpok usia yang selalu mengikuti perkembangan jaman
selalu
trendi.
Gambar
lima buah gelas tanpa pegangan memaknai suatu kemudahan dibawa kemana-mana.
Gelas tanpa pegangan mempunyai karakter yang ringkas dan mudah dibawa ke
mana-mana. Oleh karena itu gelas tersebut digunakan sebagai ikon yang menandai
suatu kemudahan
untuk
dibawa. Lima gelas tersebut juga menandai bahwa produk yang berupa minuman
tersebut
bisa
digunakan untuk diminum oleh lima orang. Jeans dan kaos yang dipakai oleh para
pemuda
mengisyaratkan
makna bahwa produk yang diiklankan sesuai dengan gaya hidup remaja yang
casual
dan simple.
Ikon
dua buah botol mengisyaratkan bahwa produk minuman yang diiklankan mempunyai
dua
rasa berbeda dengan kemasan botol yang berbeda pula. Sedangkan ikon botol yang
berisi
cairan
berwarna merah mengisyaratkan bahwa produk tersebut berisi suatu minuman yang
membuat
suasana menjadi ceria. Pemaknaan terhadap keceriaan diambil dari ikon warna
merah
dalam
iklan. Warna merah menandakan suatu kemenangan dan kebahagiaan. Oleh karena
itu, ikon
botol
yang berisi cairan berwarna merah kemudian menyimbulkan keceriaan yang dibuat
oleh
minuman
yang diiklankan.
Selain
warna merah, iklan di atas juga menggunakan warna kuning dan putih sebagai
simbol.
Warna kuning digunakan untuk menandai suatu kehangatan, kesegaran, optimisme,
keaktifan
dan kedinamisan. Warna kuning merupakan warna mentari. Mentari yang selalu
bersinar
setiap hari selalu memberikan rasa hangat. Oleh karena itu warna kuning dalam
iklan
kemudian
diasosiasikan dengan kehangatan dan keceriaan. Warna putih menandakan bahwa
produk
yang diiklankan bersih dan menyehatkan. Putih dan tanpa noda adalah sesuatu
yang bersih
dan
menyehatkan. Oleh karena itu warna putih kemudian diasosoiasikan sebagai tanda
untuk
sesuatu
yang bersih dan menyehatkan. Ikon garis bergelombang melambangkan sesuatu yang
mengalir
terus dan tiada henti, sehingga ikon garis bergelobang berwarna kuning
menandakan
suatu
keceriaan yang tiada henti-hentinya.
Rantai
pemaknaan yang kemudian dapat ditarik dari ikon-ikon yang ada dalam iklan
adalah
bahwa produk yang diiklankan merupakan sebuah produk minuman yang terasa
menyegarkan
dan akan selalu membuat suasana menjadi ceria. Produk yang diiklankan
mempunyai
dua jenis produk yang setiap botolnya dapat diminum oleh lima orang. Kelebihan
lain
yang
dimiliki produk tersebut adalah bahwa produk tersebut simple dan mudah dibawa
dan
diperoleh
dimanapun kita berada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar