Kamis, 08 November 2012

Simiotika


Dalam second order signification ikon butiran
es memaknai rasa dingin dan segar. Makna dingin dan segar diambil dari sifat es yang dingin dan
membuat badan terasa segar. Ikon tangan menandai suatu kedekatan dan keakraban yang begitu
mendalam. Makna kedekatan dan keakraban diambil dari gambar tangan yang menempel yang
melambangkan suatu persahabatan yang erat. Ikon meja kayu kecil menandakan suatu kemudahan
untuk memperolehnya. Pemaknaan suatu kemudahan untuk diperoleh dan dibawa kemana-mana
terhadap ikon meja ini diambil dari karakter meja yang kecil dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Sifat meja kecil yang mudah dibawa ke mana-mana tersebut kemudian dijadikan sebagai
ikon bahwa produk yang diiklankan ringkas, mudah dicari dan dibawa kemana-mana.
Ikon ekspresi wajah yang sedang tertawa menandakan suatu keceriaan. Pemaknaan
keceriaan diambil dari suatu kebiasan masyarakat atau suatu kelompok yang akan tertawa ketika
mereka sedang bahagia dan ceria. Ikon lain yang ada dalam iklan Coca cola adalah anak muda.
Ikon anak muda ini memaknai suatu ketrendian, serta suatu hal yang tidak ketinggalan jaman.
Anak muda dijadikan sebagai simbol tidak ketinggalan jaman karena kelompok anak muida
ataupun kaum remaja merupakan kelokpok usia yang selalu mengikuti perkembangan jaman
selalu trendi.
Gambar lima buah gelas tanpa pegangan memaknai suatu kemudahan dibawa kemana-mana. Gelas tanpa pegangan mempunyai karakter yang ringkas dan mudah dibawa ke mana-mana. Oleh karena itu gelas tersebut digunakan sebagai ikon yang menandai suatu kemudahan
untuk dibawa. Lima gelas tersebut juga menandai bahwa produk yang berupa minuman tersebut
bisa digunakan untuk diminum oleh lima orang. Jeans dan kaos yang dipakai oleh para pemuda
mengisyaratkan makna bahwa produk yang diiklankan sesuai dengan gaya hidup remaja yang
casual dan simple.
Ikon dua buah botol mengisyaratkan bahwa produk minuman yang diiklankan mempunyai
dua rasa berbeda dengan kemasan botol yang berbeda pula. Sedangkan ikon botol yang berisi
cairan berwarna merah mengisyaratkan bahwa produk tersebut berisi suatu minuman yang
membuat suasana menjadi ceria. Pemaknaan terhadap keceriaan diambil dari ikon warna merah
dalam iklan. Warna merah menandakan suatu kemenangan dan kebahagiaan. Oleh karena itu, ikon
botol yang berisi cairan berwarna merah kemudian menyimbulkan keceriaan yang dibuat oleh
minuman yang diiklankan.
Selain warna merah, iklan di atas juga menggunakan warna kuning dan putih sebagai
simbol. Warna kuning digunakan untuk menandai suatu kehangatan, kesegaran, optimisme,
keaktifan dan kedinamisan. Warna kuning merupakan warna mentari. Mentari yang selalu
bersinar setiap hari selalu memberikan rasa hangat. Oleh karena itu warna kuning dalam iklan
kemudian diasosiasikan dengan kehangatan dan keceriaan. Warna putih menandakan bahwa
produk yang diiklankan bersih dan menyehatkan. Putih dan tanpa noda adalah sesuatu yang bersih
dan menyehatkan. Oleh karena itu warna putih kemudian diasosoiasikan sebagai tanda untuk
sesuatu yang bersih dan menyehatkan. Ikon garis bergelombang melambangkan sesuatu yang
mengalir terus dan tiada henti, sehingga ikon garis bergelobang berwarna kuning menandakan
suatu keceriaan yang tiada henti-hentinya.
Rantai pemaknaan yang kemudian dapat ditarik dari ikon-ikon yang ada dalam iklan
adalah bahwa produk yang diiklankan merupakan sebuah produk minuman yang terasa
menyegarkan dan akan selalu membuat suasana menjadi ceria. Produk yang diiklankan
mempunyai dua jenis produk yang setiap botolnya dapat diminum oleh lima orang. Kelebihan lain
yang dimiliki produk tersebut adalah bahwa produk tersebut simple dan mudah dibawa dan
diperoleh dimanapun kita berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar