Jumat, 09 November 2012

KOMUNIKASI BISNIS



  • Latar Belakang Perlunya komunikasi bisnis.


Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong perubahan perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Konsekuensinya, saat ini kompetisi semakin ketat karena keterbatasan sumberdaya sedangkan kebutuhan manusia semakin banyak. Karena itu diperlukan strategi yang tepat untuk menciptakan hubungan dengan orang lain, klien, organisasi privat maupun publik.

Upaya untuk itu salah satunya adalah memberi bekal kepada mahasiswa untuk mengerti, memahami, sekaligus bisa menerapkan prilaku komunikasi dalam bisnis. Implementasi kemampuan seseorang untuk menjalin hubungan baik dengan semua orang bahkan sampai menciptakan "Networking"  dalam kehidupannya akan mendorong kesuksesan seseorang didalam menjalankan kompetisi tersebut. 

karena itu, komunikasi bisnis menjadi pilhan untuk dikuasai oleh mahasiswa.




  • Apa itu bisnis dan Komunikasi bisnis?


Bisnis adalah kegiatan sistem ekonomi yang diarahkan pada manajemen dan distribusi hasil industri dan jasa profesional, yang mendatangkan keuntungan. Esensi dari kegiatan bisnis adalah sebuah kesibukan.


  • Apa yang dimaksud dengan komunikasi bisnis?


Komunikasi Bisnis adalah :


  1. Komunikasi yang diterapkan pada bidang bisnis.
  2. Proses Interaksi sejak didirikannya bisnis hingga perkembangannya yang mencakup segala permasalahannya.
  3. Proses interaksi antara perusahaan dengan lembaga lain yang terkait seperti konsumen, pemasok, pedagang perantara, pesaing, lembaga pemerintah, lembaga keuangan, stock holder dan lingkungan.


Apa tujuan komunikasi bisnis?


  1. Tujuan komunikasi bisnis secara umum adalah bartujuan untuk mendukung tujuan bisnis agar lebih efektif dan efisien dalam rangka memperbaiki pengelolaan bisnis.
  2. Tujuan komunikasi bisnis secara khusus adalah bertujuan untuk menciptakan interaksi didalam perusahaan, hubungan perusahaan dengan konsumen, sesama dunia usaha, serta dengan lingkungan sehingga tercipta hubungan yang harmonis yang ditandai dengan tercapainya tujuan bisnis juga semakin meningkatnya pertumbuhan bisnis.
Apa perusahaan itu?
 
Perusahaan adalah suatu organisasi yang sumber daya (input) dasarnya seperti bahan dan tenaga kerja dikelola serta diproses untuk menghasilkan barang atau jasa (output) kepada pelanggan. Hampir disemua perusahaan mempunyai tujuan yang sama, yaitu memaksimalkan laba. Jenis perusahaan dibedakan menjadi tiga, yaitu : perusahaan manufaktur, perusahaan dagang, dan perusahaan jasa. sedangkan bentuk dari perusahaan itu sendiri dibedakan menjadi : perusahaan perseorangan dan persekutuan (persero).

Jelaskan perbedaan Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, Marketing PR, PR dan Komunikasi Pemasaran Terpadu?

  1. Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan, pemikiran, penetapan harga, promosi dan penyaluran gagasan barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran- sasaran individu dan organisasi. Tujuannya adalah target penjualan.
  2. Komunikasi Pemasaran adalah merupakan baluran dari promosi yang meliputi periklanan, promosi penjualan, humas dan publikasi, penjualan personal (personal selling), pemasaran lansung.
  3. Marketing PR merupakan perpaduan pelaksanaan program dan strategi pemasaran dengan aktivitas program kerja PR
  4. Public Relation adalah keseluruhan upaya yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baikdan saling pengertian antar suatu organisasi dengan segenap khalyaknya. Tujuannya adalah untuk menjaga citra perusahaan.
  5. Komunikasi Pemasaran Terpadu merupakan sebuah proses perencanaan marketing komunikasi yang memperkenalkan konsep perencanaan komprehensif untuk mengevaluasi peranan strategis dari berbagai elemen komunikasi pemasaran seperti PR, advertising, direct selling, sales promotion dan interactive marketing. Untuk memberi kejelasan, konsistensi serta pengaruh komunikasi yang maksimum. Komunikasi Pemasaran terpadu sering disebut IMC merupakan sebuah strategi bisnis dalam mengelola hubungan dengan konsumen yang intinya untuk menggerakkan brand value.

Jelaskan fungsi komunikasi bisnis secara internal dan eksternal?

1. Fungsi komunikasi  bisnis secara internal (atasan, bawahan dan rekan kerja)
  • Mengeluarkan dan menjelaskan peraturan atau prosedur
  • Menginformasikan progress perusahaan
  • Mendorong pegawai melakukan perbaikan
  • Evaluasi, memberi penghargaan dan menegur pegawai.
2. Fungsi komunikasi bisnis secara eksternal (konsumen, suplier, pemerintah dan publik)
  • Membujuk konsumen membeli produk
  • Menjelaskan Produk atau layanan
  • Mengklarifikasi spesifikasi yang dibutuhkan
  • Mempromosikan image positif perusahaan
  • Memberikan kredit dan menagih piutang.
Apa saja yang dapat mengganggu komunikasi bisnis atau hambatan- hambatannya?

  • Iklim komunikasi tertutup, karyawan sedikit mengetahui tentang perusahaan, informasi dikuasai oleh pemimpin.
  • Struktur organisasi yang besar dan berjenjang, distorsi, penyampaian tertunda, persepsi berbeda.
  • Filtering, pesan dirubah, diperpendek atau diperpanjang.
  • Tidak percaya, merasa diperdaya, dimanipulasi atau diperlakukan tidak adil.
  • Rivalitas antar karyawan, saling merahasiakan informasi yang bisa menguntungkan orang lain.
  • Status dan Power.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar